Tugas Etika Profesi

24 Mar

Nama : Herydho Octa Ardyansyah

NPM   : 33411368

Kelas  : 4ID04

ETIKA PROFESI

  1. Apa sebenarnya kepakaran dari seorang sarjana teknik industri ?

Jawab:

Kepakaran dari seorang sarjana teknik industri yaitu:

  1. Seorang sarjana teknik industri berfokus kepada perancangan, perbaikan, peningkatan dan instalasi dari sistem terintegrasi yang terdiri atas manusia, material, peralatan dan energi untuk menspesifikasikan, memprediksi dan mengevaluasi hasil yang diperoleh dari sebuah sistem terintegrasi.
  2. Sebagai seorang profesional, maka sarjana teknik industri harus mampu mempertahankan idealisme yang menyatakan bahwa keahlian profesi yang dikuasainya bukanlah sebuah komoditas yang hendak diperjual-belikan sekedar untuk memperoleh nafkah ataupun keuntungan, melainkan sebuah kebajikan yang hendak diabadikan demi dan semata untuk kesejahteraan umat manusia.
  3. Seorang sarjana teknik industri harus memahami benar makna profesionalisme kalau ingin dikatakan sebagai seorang profesional. Dalam hal ini profesionalisme didefinisikan sebagai suatu paham yang menciptakan dilakukannya kegiatan-kegiatan kerja tertentu dalam masyarakat, berbekalkan keahlian tinggi dan berdasarkan rasa keterpanggilan serta ikrar (fateri/profiteri) untuk menerima panggilan tersebut untuk dengan semangat pengabdian.
  4. Seorang sarjana teknik industri memiliki tanggung jawab profesi yang lebih spesifik seorang professional diantaranya:
  5. Mencapai kualitas yang tinggi dan efektifitas baik dalam proses maupun produk hasil kerja profesional.
  6. Menjaga kompetensi sebagai profesional.
  7. Mengetahui dan menghormati adanya hukum yang berhubungan dengan kerja yang profesional.
  8. Menghormati perjanjian, persetujuan, dan menunjukkan tanggung jawab.
  1. Tuliskan karakter-karakter tidak beretika menurut kalian dalam kehidupan sehari-hari (beri 5 contoh dan analisa) ?

Jawab:

Karakter yang tidak beretika dalam kehidupan sehari-hari, yaitu:

  1. Bermain gadget ketika lagi kumpul sama keluarga.

Orang yang suka bermain gadget ketika keluarga sedang kumpul dianggap tidak beretika karena dianggap tidak menghormati keluarga disekitarnya.

  1. Berbicara kasar di depan umum.

Orang yang suka berbicara kasar di depan umum terhadap orang lain dianggap tidak beretika karena selain tidak menghargai orang tersebut, juga tidak mempedulikan kondisi lingkungan sekitar yang terdapat orang lain.

  1. Buang angin sembarangan (kentut) ketika banyak orang

Orang yang sering buang angin sembarangan dianggap tidak beretika karena tidak menghormati orang disekitarnya. Selain itu, aroma angin yang dikeluarkan dapat mengganggu pernapasan orang sekitarnya.

  1. Suka mengambil barang orang lain (pencuri)

Orang yang selalu mencari-cari kesempatan disaat orang lain lengah untuk mengambil barang yang bukan miliknya merupakan salah satu karakter orang yang tidak beretika.

  1. Bersikap egois dalam kelompok kerja

Dalam suatu kelompok kerja dibutuhkan kerja sama dan kekompakkan satu sama lain tetapi jika ada satu orang saja yang tidak mau mengerjakan tugas dalam kelompok tsb dengan alasan tidak jelas maka orang tsb dapat dianggap tidak beretika karena tidak ingin dibebani tugas apapun.

  1. Tuliskan aktivitas tidak beretika professional dalam bekerja (beri 5 contoh dan analisa) ?

Jawab:

Aktivitas tidak beretika professional dalam bekerja, yaitu:

  1. Tidak bertanggung jawab dalam menjalankan tugas

Seorang pekerja dalam melaksanakan tanggung jawabnya sebagai profesional harus senantiasa menggunakan pertimbangan moral dan profesional dalam semua kegiatan yang dilakukannya. Jika tidak, maka dianggap tidak memiliki etika professional.

  1. Tidak mengikuti peraturan yang berlaku dalam tempat bekerja

Suatu perusahaan atau tempat seseorang bekerja memiliki peraturan-peraturan yang diwajibkan oleh perusahaan, apabila seorang pekerja tidak dapat mengikuti peraturan perusahaan tsb, maka dianggap tidak  memiliki etika professional.

  1. Tidak konsisten dalam bekerja

Dalam bekerja seseorang yang tidak dapat menjalankan pekerjaan sesuai dengan perjanjian kerja dan etika profesi yang seharusnya dapat dianggap tidak memiliki etika professional.

  1. Tidak dapat menjaga kerahasiaan perusahaan tempat bekerja

Suatu perusahaan atau tempat seseorang bekerja memiliki rahasia terutama dalam tujuan untuk bisa terus mempertahankan eksistensi perusahaan tsb. Apabila seorang pekerja tidak dapat menjaga kerahasiaan perusahaan tsb, maka dianggap tidak  memiliki etika professional.

  1. Tidak dapat menjaga obyektifitas dalam bekerja

Dalam pemenuhan kewajiban profesionalnya, seorang pekerja harus menjaga obyektifitasnya dan bebas dari benturan kepentingan. Jika tidak, maka dianggap tidak memiliki etika professional.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: