TUGAS MINGGU KE-3

28 May

TUGAS SOFTSKILL MINGGU KE-3

Nama : Herydho Octa Ardyansyah

NPM  : 33411368

Kelas : 4ID04

Penulisan Ilmiah yang Dibahas :

Herydho Octa Ardyansyah, 2015. Mempelajari Kualitas Tepung Terigu PT. Indofood Sukses Makmur Tbk. Divisi Bogasari Flour Mills, Universitas Gunadarma: Jakarta.

Acuan Standarisasi :

ISO 9001 : Sistem Manajemen Mutu

Pembahasan :

Produk utama yang dihasilkan oleh PT. Indofood Sukses Makmur Bogasari Flour Mills adalah tepung terigu yang terdiri dari berbagai merek. Perbedaan dari masing-masing produk yang dihasilkan adalah berdasarkan kandungan proteinnya yang tentunya akan mempengaruhi tujuan penggunaannya. Berdasarkan kandungan proteinnya, tepung terigu dikategorikan dalam tiga kategori yaitu protein tinggi, protein sedang, dan protein rendah. Tepung terigu protein tinggi diperoleh dari gandum dengan jenis hard wheat. Kandungan proteinnya  berkisar antara 13%-16,1% dengan merek yang diproduksi yakni merek Cakra Kembar dan Cakra Kembar Emas. Tepung terigu protein sedang merupakan jenis tepung terigu dengan kadar protein 11%-12,5% dengan merek yang tergolong tepung protein sedang adalah Segitiga Biru dan Piramida. Tepung terigu protein rendah dibuat dari jenis gandum soft wheat dengan kandungan protein maksimal adalah 11%. Merek yang termasuk dalam tepung terigu protein  rendah adalah Lencana Merah, Kunci Biru, dan Payung.

Penerapan sistem manajemen mutu di PT. Indofood Sukses Makmur Bogasari Flour Mills terdiri dari berbagai aspek. Untuk aspek produknya dimulai dari penyimpanan gandum di wheat silo, penggilingan gandum menjadi tepung hingga proses mixing dan packing yang sesuai standar untuk menjaga mutu produk. Upaya peningkatan produk dan layanan yang dilakukan juga telah mengantar Bogasari mendapatkan sertifikasi ISO 9001 (Sistem Manajemen Mutu). ISO 9001 didasarkan pada delapan prinsip manajemen mutu yang merupakan dasar untuk tata kelola perusahaan yang baik yaitu focus pada pelanggan, kepemimpinan, partisipasi staf, pendekatan proses, pendekatan manajeme, perbaikan terus menerus, factual pendekatan untuk pengambilan keputusan, dan hubungan pemasok yang menguntungkan. Selain itu di setiap departemen di Bogasari telah memiliki Work Instrcuction yang digunakan sebagai acuan standar prosedur kerja bagi pimpinan, staff maupun pekerja.

Untuk sistem manajemen mutu produknya telah dilakukan sesuai standar. Dengan sistem standar operational prosedur yang telah terstandarisasi dengan sertifikasi ISO 9001 dalam proses produksi mulai dari incoming quality control, process quality control, sampai out going quality control, akan menghasilkan produk sesuai dengan persyaratan SNI (Standard Nasional Indonesia) tepung terigu. Bogasari mempekerjakan tim Quality Control yang sangat kompetitif dalam hal kualitas yang bertindak sebagai pengontrol kualitas produk di lokasi pabrik saat proses produksi. Gandum yang dipakai diuji untuk memenuhi persyaratan kualitas yang ketat sebelum digiling. Tepung terigu dari Bogasari merupakan produk yang telah melalui proses produksi dengan standar Internasional dan didukung dengan teknologi berkualitas tinggi. Selain telah bersertifikasi Halal dari Majelis Ulama Indonesia, pabriknya sendiri telah disertifikasi ISO 9001 dan HACCP (Hazard Analysis Critical Control Point) dari SGS.

Bogasari sangat memperhatikan safety first dan kesehatan, keselamatan kerja untuk karyawannya, demi menghindar hal-hal yang tidak diinginkan. Yaitu dengan memberikan kelengkapan pekerja seperti topi, seragam, sepatu safety, masker dan ear plug. Proses  pengolahan produksi tepung terigu dengan berbagai macam merek yang beredar di  pasaran juga di perhatikan. Hasil dari sisa produksi terutama padat diolah lebih lanjut untuk menjaga kelestarian lingkungan.Pengendalian hasil samping diolah kembali menjadi pelet dan dapat dijual kembali sehingga menguntungkan perusahaan. Mesin-mesin produksi dilakukan perawatan secara rutin da nada yang setiap hari di maintanance. Produk yang gagal produksi akan segera dibuang, sedangkan produk yang gagal kemas akan direpass. Hal ini dilakukan agar kebersihan dan keamanan tetap terjaga. Sementara itu, pembinaan terhadap karyawan sendiri sudah sering dilakukan dengan adanya serikat kerja, penambahan fasilitas kerja serta jaminan kesehatan keluarga yang diberlakukan untuk masyarakat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: